PROBLEMATIKA PENILAIAN KETERAMPILAN OLEH GURU MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 2 TAPIN

Azizatun Nafisah

Abstract


Abstract: The skill assessment carried out by the teacher plays an important role in the learning process. Moreover, the assessment is devoted to Jurisprudence subjects which have a contribution in motivating students to practice and apply Islamic law in everyday life as a manifestation of harmony, harmony, and balance in human relations with Allah swt., with humans themselves, with others. humans, other creatures or the environment. This study aims to describe the implementation and problems of skill assessment by teachers of fiqh subjects at MAN 2 Tapin. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection methods used in this study were observation, interviews, and documentation. The data collected was then analyzed in three ways, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study indicate that the implementation of the skills assessment applied by the teacher includes giving detailed assignments, explaining aspects and rubrics of the assessment, as well as implementing the skills assessment. The problem is that there are many values that need to be averaged, because the assessments made are based on KD, while in report cards the values are presented in the form of loads. Keywords: Fiqh Subjects, Problematics, Skills Assessment, Teachers. Abstrak: Penilaian keterampilan yang dilakukan oleh guru berperan penting dalam proses pembelajaran. Terlebih penilaian tersebut dikhususkan pada mata pelajaran Fikih yang memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah swt., dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan problematika penilaian keterampilan oleh guru mata pelajaran Fikih di MAN 2 Tapin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian keterampilan  yang diterapkan guru meliputi pemberian tugas secara rinci, menjelaskan aspek dan rubrik penilaian, serta pelaksanaan penilaian keterampilan. Problematikanya yaitu banyaknya nilai yang perlu dirata-ratakan, karena penilaian yang dilakukan diambil berdasarkan KD sedangkan pada raport nilai disajikan dalam bentuk muatan. Kata Kunci: Guru, Mata Pelajaran Fikih, Penilaian Keterampilan, Problematika. 

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Basrowi, and Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Ikmal, Hepi. “Kontruksi Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik Pada Pembelajaran Fiqih Di MAN 1 Lamongan.” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2, no. 2 (2018): 130.

Indonesia, Kementerian Agama Republik. Fikih. Jakarta: Kementerian Agama, 2014.

KBBI, Tim Penulisan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Komarudin, and Yoke Tjuparmah S. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Muhammad, Iman. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2016.

Muzamiroh, Latifatul Mida. Kupas Tuntas Kurikulum 2013 (Kelebihan Dun Kekurangan Kurikulum 2013). Penerbit Kata Pena, 2013.

Rahmawati, Risna, Abas Asyafah, and Agus Fakhruddin. “Penilaian Domain Psikomotor PAI Oleh Guru Di Sekolah (Studi Deskriptif Di SMAN 1 Bandung Tahun 2019).” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 17, no. 2 (2019): 92.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Supardi. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, Dan Psikomotor: Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan, n.d.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, n.d.

SK/Guru Mata Pelajaran Fikih MAN 2 Tapin, Wawancara Pribadi, Binuang, 27 September 2022.




DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v4i2.198

Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam are indexed by:

                       


E-ISSN: 2620-6129

P-ISSN: 2654-4849


Published by STAI AL FALAH BANJARBARU

Designed by Yoni AF

Number of Visits:    Web
Analytics     Flag Counter 


Contact us:

ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: addabana@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International