KENDALA PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Musyarofah Musyarofah, Diah Puspitaningrum

Abstract


Abstract:  The value of religious character is an attitude or action related to belief in a particular religion and behavior that shows a person’s obedience to religious teachings in carrying out a worship in everyday life. Religious character is one of the important things that must be possessed by students. To foster religious character values in students, one of the things that can be done is to instill religious character values through Islamic Religious Education. The research conducted aims to find out the obstacles faced by teachers and students in cultivating religious character, and will reveal the right way to overcome these obstacles. In this study, the authors used qualitative research methods. The data collection method used is in the form of interviews and observations regarding the problem under study. From the research that has been done, the following results are obtained: (1) the obstacles faced by the students; the main obstacle faced by students is the lack of enthusiasm and not seriousness in listening to learning. (2) the constraints faced by the teachers; the main obstacle faced by teachers is the limited space for improvisation in teaching due to conventional facilities. (3) Some of the activities carried out to encourage the inclusion of good character values through Islamic Religious Education are carried out in various habituation activities in the form of dhuha prayers, tahfidz, al-ma’tsurat, and congregational midday prayers.Keywords: Character Values, Constraints, Islamic Religious Education, Religious  Character.Abstrak: Nilai karakter religius adalah suatu sikap atau tindakan yang berkaitan dengan kepercayaan terhadap agama tertentu dan perilaku yang menunjukkan kepatuhan seseorang terhadap ajaran agama dalam menjalankan suatu ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Karakter religius merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Untuk menumbuhkan nilai karakter religius pada peserta didik, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penanaman nilai karakter religius melalui Pendidikan Agama Islam. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan para murid dalam penanaman karakter religius, serta akan mengungkap bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan observasi mengenai masalah yang diteliti. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Kendala yang dihadapi oleh para murid; kendala utama yang dihadapi oleh para murid adalah kurangnya antusiasme serta ketidaksungguhan dalam menyimak pembelajaran. (2) Kendala yang dihadapi oleh para guru; kendala utama yang dihadapi oleh guru adalah terbatasnya ruang improvisasi dalam mengajar dikarenakan fasilitas yang masih konvensional. (3) Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mendorong masuknya nilai karakter yang baik melalui Pendidikan Agama Islam dilakukan dalam berbagai kegiatan pembiasaan yang berupa salat dhuha, tahfidz, al-ma’tsurat, dan salat dhuhur berjamaah.Kata Kunci: Karakter Religius, Kendala, Nilai Karakter, Pendidikan Agama Islam.

References


Ahsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan”. Kudus : Jurnal Prakarsa Pedagogia, Vol. 2, No. 1, Juni.

Artika, Ayu. “Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu.” Skripsi Pendidikan Agama Islam. Bengkulu : Perpustakaan IAIN Bengkulu.

Badry, Mayang Sahni, Rini Rahman. 2021. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius”, (An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1, No.4, November.

Darussalam, A. 2016. “Indahnya Kebersamaan dengan Salat Berjamaah”. Makassar : Tafsere, Vol. 4, No.1.

Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif,” Humanika : Kajian Mata Kuliah Umum, Vol.21, No.1.

Haq, Prastiwi Istifany, Marzuki. “Penanaman Nilai-nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang,” Yogyakarta.

Hidayah, Nurul. 2016. “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan”. Ta’allum, Vol. 04, No. 01.

Lestari, Fatikha Anggun. 2020. “Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI melalui Kegiatan Keagamaan Harian di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.” Skripsi Pendidikan Agama Islam. Ponorogo: Perpustakaan IAIN Ponorogo.

Luthfiyah, Rifa, Ashif Az Zafi. 2021. “Penanaman Nilai Karakter Religius dalam Perspektif Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus.” Kudus : Jurnal Golden Age. Vol.5, No.02.

Nobisa, Junaidin, Usman. 2020. “Penggunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an”. Al-Fikrah : Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, Vol. 4, No.1.

Nurlaili, dkk. 2020. “Tahfidz sebagai metode menghafal Alquran studi pada rumah Tahfidz yayasan Arrahmah Nanggalo Padang”. Padang : Menara Ilmu, Vol. 16, No. 02.

Rahman, Syahrul. 2016. “Living Quran: Studi Kasus Pembacaan Al Ma’tsurat di Pesantren Khalid bin Walid Pasir Pengarai Rokan Hulu, (Jurnal Syahadah, Vol. 4, No.2.

Sabrina, Unsa, dkk. 2021. “Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19,” Kudus : Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3, No.5.

Wati, Dian Chrisna, Dikdik Baehaqi Arif. 2017. “Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa,” Yogakarta : Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan, November.

Yusuf, Muhammad, dkk. 2020. “Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah”, (Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 11, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v6i2.266

Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam are indexed by:

                       


E-ISSN: 2620-6129

P-ISSN: 2654-4849


Published by STAI AL FALAH BANJARBARU

Designed by Yoni AF

Number of Visits:    Web
Analytics     Flag Counter 


Contact us:

ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: addabana@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International