PENGGUNAAN MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH MUALLIMIN DARUSSALAM MARTAPURA

Annisa Achla, Wahyuddin Wahyuddin, Ade Destri Deviana

Abstract

Abstract:Arabic subjects play an important role for students of Madrasah Aliyah. Based on initial observations in Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Martapura, student learning outcomes are classified as low and students' lack of interest in learning, it is necessary to improve teaching skills, especially in using multimedia. The use of multimedia can help the learning process more interesting. The purpose of this study was to identify the effectiveness of Arabic language education using multimedia as a facility to help students learn. The formulation of the problem includes student learning outcomes without multimedia and using multimedia, how effective is the use of multimedia, whether there is a significant effect between learning without using multimedia and using multimedia. The research technique in the form of data collection includes observation, interviews, documentation and tests. This type of research uses a quantitative approach with experimental procedures. The research subjects of class X students were 28 students. The results of the process research showed the results in the control group was 69.74 and the experimental group was 85.12, the difference between the two was 15.38. Evaluation on the U test is Zcount less than –Ztable- 62, 24 - 1, 75, then Ha can be accepted and Ho is rejected so that it has a significant impact on the learning process of the control group and the experimental group. On the other hand, the results of the learning evaluation tests in the control group 65, 75 and the experimental group 75, 90. For the U test calculation, Zcount is less than -ZTable-4, 02≤-2, 85 until Ha is acceptable and Ho is rejected until there is a significant impact.  Keywords: Arabic, Effectiveness, Multimedia. Abstrak:Mata pelajaran bahasa Arab berperan penting bagi siswa Madrasah Aliyah. Berdasarkan observasi awal di Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Martapura, hasil belajar siswa yang tergolong rendah serta kurangnya minat siswa dalam belajar, maka perlu meningkatkan keterampilan mengajar, khususnya dalam menggunakan multimedia. Penggunaan multimedia dapat membantu proses belajar lebih menarik. Tujuan penelitian ini buat mengenali keefektifan pendidikan bahasa Arab memakai multimedia selaku fasilitas menolong siswa dalam belajar. Rumusan masalah meliputi hasil belajar siswa tanpa multimedia dan menggunakan multimedia, seberapa efektif penggunaan multimedia, apakah terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran tanpa menggunakan multimedia dan menggunakan multimedia. Teknik penelitian berupa pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Tipe riset memakai pendekatan kuantitatif dengan tata cara eksperimen. Subjek penelitian siswa kelas X berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian proses menunjukkan hasil di kelompok kontrol 69,74 dan kelompok eksperimen 85,12, selisih antara keduanya 15,38. Evaluasi pada uji U merupakan Zhitung kurang dari –Ztabel- 62, 24 ≤ - 1, 75, maka Ha dapat diterima serta Ho ditolak hingga menimbulkan dampak signifikan pada proses belajar kelas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sebaliknya hasil tes evaluasi belajar pada kelompok kontrol 65, 75 dan kelompok eksperimen 75, 90 Bagi perhitungan uji U Zhitung kurang dari- ZTabel- 4, 02≤- 2, 85 hingga Ha dapat diterima serta Ho ditolak hingga terdapat dampak yang signifikan. Kata Kunci: Bahasa Arab, Efektivitas, Multimedia.

References

“Arafat, Yasir, ‘Efektivitas Penerapan Pendekatan Saintifik Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Stai Al Falah Banjarbaru’, Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 18.1 (2018), 58–69

Arif, Muh, ‘Efektivitas Media Pembelajaran Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab’, A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 9.1 (2020), 1–15

Chusna, Alibaul, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia’, Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10.2 (2012), 277–90

Deviana, Ade Destri, ‘Dampak Belajar Online Menulis Bahasa Arab Dengan Berpikir Kreatif Masa Covid-19’, Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 21.1 (2021)

Harosid, Harun, ‘Kurikulum 2013 Revisi 2017’, Tersedia Di Https://Scribd. Com. Diakses Pada Tanggal. Http://Www. Academia. Edu/Download/57483723/GAMBARAN_UMUM_K13_REVISI_2017. Pdf, 2018

Indonesia, Pemerintah, ‘Undang Undang No. 32 Tahun 2013 Perubahan Atas Undang Undang No. 19 Tahun 2005 Tentang Tentang Standar Nasional Pendidikan’, Lembaran RI Tahun, 32, 2013

Juharita, Juharita, Indri Astuti, and Dede Suratman, ‘PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PEROLEHAN BELAJAR AT-TA’ARUF SISWA KELAS X MAS AL-QOMAR MEMPWAH’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7.1

Kurnia, Nia, Deni Darmawan, and Maskur, ‘Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3.1 (2018), 451–61

Mahendra, M Yusril, ‘The Students’ Perception on Use Joox App in Listening Skill At Iain Palangkaraya’, 1, 81–96

Marjuni, A, and Hamzah Harun, ‘Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran’, Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3.2 (2019), 194–204

Nazif, Ahmad, ‘DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) PEMURUS DALAM BANJARMASIN’, Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 20.1 (2020), 21–42

Norjaman, Komar, ‘MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN GERAKAN SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL’, Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 1.1 (2021), 763–72

Nuriansyah, Fazar, ‘Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1.2 (2020)

Patni, Nur, ‘تطوير الوسائل التفاعلية باستخدام وسيلة بريزي لترقية مهارة الكتابة في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى سونجي بنوه جامبي’ (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2022)

Putri, Ariend Sadrina, Ilfia Rahmi Rasyid, and Utami Adetia, ‘Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kemahiran Berbicara Dan Mendengar (Studi Kasus Mahasiswa Sastra Arab UAI)’, Multaqa Nasional Bahasa Arab, 1.1 (2018), 1–11

Rohani, Rohani, ‘Media Pembelajaran’, 2019

Utami, Rika Lutfiana, ‘Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok’, Shaut Al Arabiyyah, 8.1 (2020), 64–74

“Abdul Wahab Rosyidi, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. (Malang: UIN, 2011), h.36“

“Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran. (Yogyakarta: PT.Pustaka Insan Mdanai, 2012), h.213“

“Imam Taufik dengan Judul “Penerapan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab di MAN Cirebon 1 Kelas XI Bahasa Tahun Ajaran 2012-2013” “

“Dhanu Baharudin Lubis dengan Judul “Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI A SMA Negeri 1 Lamongan”. 2015“

“Dyah Khuriyati, “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Audio Visual di SD Firdaus Surabaya”. Skripsi Jurusan PBA: 2006, tidak diterbitkan, h.83” “

“Paja Wira Bumi Azis, “Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI di Kelas XI SMAN 1 Yogyakarta”. Skripsi Jurusan PAI: 2006, tidak diterbitkan, h.59“

“Deni Darmawan, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013), h.226“

“Bambang Prasetyo, Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: Rajawali Pres, 2014), h.49“

“Syaifuddin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pelajar Pustaka, 2010), h.8“

“Bambang Prasetyo, Metode penelitian Kuantitatif, (jakarta: Rajawali Pers, 2014), h.119“

“Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi, (Bandung: IKAPI, 2014), h.126“

“Sugiyono, Strategi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. h.39“

“Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta, 2013), h.114“

“Usman dan Setiawati, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya Ofset, 2001), h.136“

“Riduan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, (Bandung: Alfabeta, 2005), h.122“

“Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, (Bandung: Mandar Maju, 1996), h.124

Sudjana, op.cit, h.239-240“

“Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 1997), h.150-153“

Refbacks

  • There are currently no refbacks.