PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH 2013-2023 (STUDI DI MADRASAH TSANAWIYAH)

Khaleyda Mariza Nuwairah

Abstract

Abstract Education in Indonesia has experienced a recession from the Dutch colonial era to the present day. In an education that is part of an important aspect is curriculum. Since the era of the new order has undergone eight curriculum changes, from the curriculum of 1968 to the now thr curricular independent study. Each curriculum has its own characteristics, including the Curriculum 2013. The Method of research carried out is the study of the library by taking reference sources of books and journal articles relevant to the title. The results of the study show in the 2013 curriculum or the independent curricular there is definitely an evolution in terms of curricula based on the continous development of iptek. Than for the islamic religion education subjects that exist in Madrasah consist of four groups all regulated by the regulation of the Minister of Religion under the auspices of the Ministry of Religions.  Keywords: Curriculum, Education, Madrasah.  Abstrak Pendidikan di Indonesia telah mengalami pasang surut dari zaman penjajah Belanda hingga sekarang. Dalam sebuah pendidikan, yang termasuk dalam aspen penting yaitu Kurikulum. Sejak zaman orde baru telah mengalami delapan kali perubahan kurikulum, dari kurikulum tahun 1968 sampai sekarang kurikulum merdeka belajar. Setiap kurikulum yang dijalankan tentunya memiliki ciri tersendiri termasuk kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka belajar. Metode penelitian yang dilakukan berupa kajian kepustakaan dengan mengambil sumber rujukan buku dan artikel jurnal yang relevan dengan judul yang diangkat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada kurikulum 2013 ataupun kurikulum merdeka tentunya ada perkembangan dalam hal kurikulum berdasarkan terus berkembangnya iptek. Lalu mata pelajaran pendidikan Agama Islam yang terdapat pada Madrasah terdiri dari empat rumpun semuanya diatur oleh peraturan Menteri Agama di bawah naungan Kementerian Agama. Kata Kunci: Kurikulum, Madrasah, Pendidikan.

References

Aisyah, Siti, dkk. Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Junal Educati0 9 (1) 380-392. (2023).

Ayo Madrasah, https://www.ayomadrasah.id/2016/07/jumlah-ra-madrasah-di-indonesia.html diakses pada 27 Juni 2023 pukul 13.22 WITA.

Dewantoro. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (2) 1-14. (2018).

Hamdan. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (PAI): Teori dan Praktis. Banjarmasin: IAIN Antasari Press. 2014.

Haningsih, Sri. Peran Strategis Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam di Indonesia. EL-TARBAWI 1 (1) 20-31. (2008).

Herwina, Wiwin. Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan 35 (2) 170-182. (2021).

Irawan, Hendri. Madrasah Curriculum Development 2002-2013 (Study at Madrasah Aliyah Mutmainah-Bogor). Literatus: Literature for Social Impact and Culture Studies 4 (3) 990-999. (2022).

Kamal, Syamsir. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri Barabai”. Julak: Jurnal Pembelajaran & Pendidik 1 (1) 1-10. (2021).

Keputusan Kepala badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi N0. 3/H/KR/2022.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 347 tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah, Direktorat Jenderal Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. 2022.

Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Kiptiyah, Maryatul, dkk. Sejarah Perkembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia (Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam). Jurnal Literasiologi 6 (2) 54-65. (2021).

Maghfuri, Amin dan Rasmuin. Dinamika Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren Pada Abad ke 20 (Analisis Historis Implementasi Kurikulum Madrasah). TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3 (1) 2019 1-17. (2019).

Makdisi, George. The Rise Of Collages. Intitutions of Learning in Islam and the West. 1981.

Marliana. Anatomi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Dinamika Ilmu 13 (2) 135-148. (2013).

Mukminah. Problematika Penerapan Kurikulum 2013 (K13) Pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Mertak Tombok Praya Kabupaten Lombok Tengah”. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 3 (3) 1-13. (2018).

Ramayulis dan Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, Cet. 2. 2010.

Rostitawati, Tita. Transmisi Ilmu dalam Tradisi Islam. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 5 (2) 2017 65-76. (2017).