IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HABIT FORMING PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDN 1 LANDASAN ULIN UTARA

Siska Utami Sari, Rahmi Rabiaty

Abstract

This research discusses the implementation of the habit-forming learning model in the subject of Islamic Religious Education (PAI) in shaping students' character at SDN 1 Landasan Ulin Utara. The purpose of this research is to evaluate the implementation of the habit-forming learning model in the subject of Islamic Religious Education (PAI) in shaping students' character, as well as to identify supporting and inhibiting factors that affect the implementation of the learning model at SDN 1 Landasan Ulin Utara. The type of this research is field research with research subjects consisting of PAI teachers and sixth-grade students. The object of this research is the implementation of the habit-forming learning model in PAI subjects in character building for students at SDN 1 Landasan Ulin Utara. Data collection was carried out through observation, interviews, and documentation techniques.The research results show that the implementation of the habit-forming learning model in the PAI subject to shape students' character at SDN 1 Landasan Ulin Utara includes several practices applied by teachers, such as greeting, reciting prayers, reading short surahs, performing congregational Dhuha prayers, performing congregational Dhuhr prayers, as well as getting used to reading Surah Yasin and Asmaul Husna, reciting the Quran, respecting differences in race, ethnicity, and religion, and valuing classmates' opinions in the learning context. Supporting and inhibiting factors in this process include Student self-readiness, good leadership and teacher examples, parental support and social environment support in the character formation process through the habit-forming learning model. Keywords: Character, Habit Forming, Implementation. Penelitian ini membahas implementasi model pembelajaran habit forming pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter siswa di SDN 1 Landasan Ulin Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi model pembelajaran habit forming pada mata pelajaran PAI dalam pembentukan karakter siswa, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi implementasi model pembelajaran di SDN 1 Landasan Ulin Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru PAI dan siswa kelas VI. Objek penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran habit forming pada mata pelajaran PAI dalam pembentukan karakter siswa di SDN 1 Landasan Ulin Utara. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran habit forming pada mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa di SDN 1 Landasan Ulin Utara mencakup beberapa praktik yang diterapkan oleh guru, seperti mengucapkan salam, membaca doa, membaca surah-surah pendek, melaksanakan shalat dhuha berjamaah, shalat dzuhur berjamaah, serta membiasakan membaca surah Yasin dan asmaul husna, mengaji, saling menghargai perbedaan ras, suku, dan agama, serta menghargai pendapat teman dalam konteks pembelajaran. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses ini meliputi kesiapan diri siswa, kepemimpinan dan teladan guru yang baik,  dukungan orang tua dan lingkungan sosial dalam proses pembentukan karakter melalui model pembelajaran habit forming. Kata Kunci: Habit Forming, Implementasi, Karakter.

References

Aisyah dan M. Ali, M.Pd., Pendidikan Karakter : Konsep dan Implementasinya, Jakarta: Kencana, Cetakan Ke1, Desember 2018.

Amin, & Linda Yurike Susan Sumendap, 164 Model Pembelajaran Kontemporer, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Islam 45 Bekasi, cetakan 1, Januari 2022.

Andrianie, Santy, M.Pd. Dkk, Karakter Religius:Sebuah Tantangan Dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter, Pasuruan: CV. Penerbit Qira Media, Cetakan Pertama, 2021.

Apridawati, Menuk Resti, Penerapan Krakter Disiplin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, NTB: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya, Cetakan Pertama, Juli 2022.

Efendi, Rinja, S.Pd.I., M.Pd, et al , Pendidikan Karakter Disekolah, Pasuruan: Qiara Media, 2020.

Harefa, Dermawan, dkk, Teori Belajar dan Pembelajaran, Sukabumi: CV. Jejak, Cetakan pertama, Oktober 2023.

Mubsbikin, Imam, Pendidikan Karkter Disiplin, Yogyakarta: Percetakan Nusa Media, 2021.

Mustoip, Sofiyan, Implementasi Pendidikan Karakter, Surabaya: CV.Jakad Punlishing, 2018.

Nadza, Silvi Qudrun, “Implementasi Model Pembelajaran Habit Forming (Pembiasaan) Dalam Membentuk Karakter Siswa”, Skripsi, IAIN Jember, 2018.

Nursalam, M.Si. dkk, Model Pendidikan Karakter, (Serang Banten: CV. AA. Rizky) Sepetember, 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.