EFEKTIVITAS MULTIMEDIA CANVA PADA HASIL BELAJAR PKn KELAS IV MI DARUL ISTIQAMAH BANJARMASIN

Huriyah Huriyah

Abstract


Abstract: In the world of education technology is growing quickly, yet there are still a lot of educators who have difficulty using technology that should be able to make educators more effective in delivering subject matter. The development of technology presents applications that are easily accessible by all groups, including educators. In this study, the application used was based on Canva. Consequently, the goal of this research is how the effectiveness of canva-based multimedia on learning outcomes of civics class IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin. This type of field research was used utilizing an experimental methodology in this investigation, in one class with a sample of 24 students, using pretest-posttest research design. The dependent variable is learning outcomes, while the independent variable is multimedia created with canva. In collecting data researchers used interviews, observations, and tests. The tests were analyzed using the Normality test, N-Gain, and one sample t-test. The study's findings revealed that Canva-based multimedia was effective in increasing learning outcomes in Civics lessons with an initial score on the pretest getting an average of 66.25 while the posttest score got an average score of 87.50 with an 0.66 N-Gain score in the medium range. With Canva-based multimedia it is effective in improving learning outcomes in Civics lessons in class IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin. In addition, Students can learn more actively and with greater focus when Canva-based multimedia is used in the classroom.  Keywords: Canva Multimedia, Effectiveness, Learning OutcomesAbstrak: Dalam dunia pendidikan teknologi berkembang dengan cepat, namun masih banyak pendidik yang kesulitan menggunakan teknologi yang seharusnya dapat mengefektifkan pendidik  menyampaikan materi pelajaran. Berkembangnya teknologi menghadirkan aplikasi yang mudah diakses oleh semua kalangan termasuk pendidik, aplikasi berbasis canva digunakan dalam penelitian ini. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni bagaimana efektivitas multimedia didasarkan pada Canva sebagai hasil belajar dari pelajaran PKn di kelas IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin. Dalam penelitian ini, metode eksperimen digunakan sebagai jenis penelitian lapangan, pada satu kelas dengan jumlah sampel 24 siswa, menggunakan desain penelitian pretest-posttest. Penggunaan multimedia berbasis canva dianggap sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar dianggap sebagai veriabel terikat. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Tes dianalisis mengunakan uji Normalitas, N-Gain, dan uji satu sampel t-test. Hasil penelitian menemukan multimedia berbasis Canva efektif dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran PKn dengan nilai awal pada pretest mendapatkan rata-rata 66,25 sedangkan pada nilai posttest mendapat nilai rata-rata 87,50 dengan nilai N-Gain 0,66 kiteria sedang. Dengan adanya multimedia berbasis Canva efektif meningkatkan hasil belajar pelajaran PKn di kelas IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin. Selain itu penggunaan multimedia berbasis Canva pada proses pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih fokus, aktif, dan siswa lebih antusias.  Kata Kunci: Efektifitas, Hasil Belajar, Multimedia Canva

References


Daftar Pustaka

Agusliansyah, Rahmad. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Teorama Pythagoras Berbasis Camtasia Studio 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiah 4 Tahun Pelajaran 2017/2018.” Skripsi; FTK UIN Antasari Banjarmasin, 2018.

Basuki. Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Jawa Barat: Media Sains Indonesia, 2021.

Hasanah, Uun, Omin, and Nuraeni. “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif MONIPA Terhadap Hasil Belajar Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Kelas VI SDN I Keresek.” Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1, 7 (2021): 113. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i1.1674.

Inanna, Rahmatullah, and Andi Tenri Ampa. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 2, 12 (2020): 319. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179.

Kristanto, Andi. Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya, 2016.

Nuryani, Fitri, and Nur Haliza. “Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pendidkan.” Jurnal Pendidkan Dan Konseling, 1, 3 (2021): 101–2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.83.

Richard, E, and West et al. “An Analysis of Instructional Design and Technology Department.” Educational Technology Research and Development, 4, 65 (2016): 870. https://link.springer.com/article/10.1007/s11423-016-9490-1.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Surjono, Herman Dwi. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep Dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press, 2017.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana, 2016.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v6i2.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

                       

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International