PERAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN AKHLAK MULIA SISWA MI DARUL HUDA BAWAHAN PASAR KABUPATEN BANJAR

Rif'an Rif'an

Abstract


Abstract: This research discusses "The Role of Moral Aqidah Subject Teachers in Instilling Students at MI Darul Huda Subordinate Market, Banjar Regency. The formulation of the problem in this research is What is the Role of Moral Aqidah Subject Teachers in Instilling Noble Morals in Students at MI Darul Huda Subordinate Market Banjar Regency and What are the Supporting and Inhibiting factors in Instilling Noble Morals in Students at MI Darul Huda Subordinate Market, Banjar Regency. Based on the formulation of the problem, the aim of this research is to find out the role of teachers of the Aqidah Akhlak subject in instilling noble morals in students at MI Darul Huda Subordinate Market in Banjar Regency and the factors that influence it. The subjects in this research are the roles of teachers and students. Meanwhile, the object of this research is the role of the Aqidah Akhlak subject teacher in instilling noble morals in students at MI Darul Huda Subordinate Market in Banjar Regency. Based on data mining, the author uses observation, interview and documentation techniques. Meanwhile, the data processing technique is by editing, classifying and interpreting the data, then analyzing it using qualitative analysis and then drawing conclusions in an inductive way.Based on the research results, it is known that Madrasah Ibtidaiyah is one of the differences between schools of the same level, one of which is in terms of morals. This must of course be considered in order to create the desired generation. In general, the role of an akhlakul karimah teacher at MI Ibtidaiyah has been carried out well, this is of course also influenced by several factors, including the background and experience of teachers who are quite competent, the responsibilities of parents, and cannot be separated from peers and the environment. Keywords: Instilling, Noble Morals, Role of the Teacher. Abstrak: Penelitian ini membahas tentang “Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Siswa MI Darul Huda Bawahan Pasar Kabuapaten Banjar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Menanamkan Akhlak Mulia Siswa di MI Darul Huda Bawahan Pasar Kabupaten Banjar dan apa saja faktor-faktor Pendukung dan Penghambat dalam Menanamkan Akhlak Mulia Siswa di MI Darul Huda Bawahan Pasar Kabupaten Banjar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Akhlak Mulia Siswa di MI Darul Huda Bawahan Pasar Kabupaten Banjar serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah peran guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Menanamkan Akhlak Mulia Siswa di MI Darul Huda Bawahan Pasar Kabupaten Banjar. Berdasarkan penggalian data penulis menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data adalah dengan editing, klasifikasi dan interpretasi data, selanjutnya dianalisa dengan analisis kualitatif yang kemudian mengambil kesimpulan dengan cara induktif.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu pembeda dengan sekolah setingkat salah satunya dari segi akhlak. Hal ini tentulah harus diperhatikan demi mewujudkan generasi yang di inginkan. dalam peran guru akhlakul karimah di MI Ibtidaiyah secara umum sudah terlaksanakan dengan baik, hal ini tentu dipengaruhi juga oleh beberapa faktor, antara lain latar belakang dan pengalaman guru yang cukup kompeten, tanggung jawab orang tua, serta tak lepas dari teman sebaya serta lingkungan. Kata Kunci: Akhlak Mulia, Menanamkan, Peran Guru.

References


Afifuddin, Beni Ahmad Saebani, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2009.

Agustin, Riska Triya, Upaya Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Penanaman Akidah dan Pengembangan Akhlakul Karimah Siswa di Era Digital. (Skripsi: IAIN Ponorogo, 2020).

Amini, Profesi Keguruan, Medan, Perdana Publishing 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Karomah, Ainaul, Devy Habibi Muhammad, Ari Susandi,Peranan Guru Mata Pelajaran Aqidah dalam Menanamkan Nilai Agama Pada Siswa, vol5, Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2021, hal. 562-570.

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2004.

Purwanto, Ngalim, Evaluasi Hasil Belajar, Jakarta: Pustaka Belajar , 2011.

Sekretariat Negara RI. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Siswanto, Edy, Peran Profesi Guru. Tangerang Selatan: Indocamp, 2020.

Soebahar, Abdul Halim, Kebijakan Pendidikan Islam dan Ordanasi Guru Sampai UU Sisdiknas, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R &D, Bandug: Alfabeta, 2016.

Suharjo, Drajad, Metodologi Penulisan dan Penulisan Laporan Ilmiah, Yogyakarta: UII Press, 2003.

Sukamadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiyani, Novan Ardy, Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v6i2.517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

                       

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International