PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV MIN 3 KOTA BANJARMASIN

Muhammad Julkifli, Azkia Maulida, Risyatul Azkia

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to ascertain if the jigsaw learning technique improves Indonesian language learning results in class IV MIN 3 Banjarmasin City throughout the 2023–2024 academic year. This research design provides information and facts that were known at the time the study was conducted, or it employs descriptive research with an ex post facto method. Because a test is used as a research tool in this study, it may also be classified as survey research. However, PTK is the methodology employed in this study. Students in class IV MIN 3 in Banjarmasin City served as the study's participants. Fifteen students participated in the study. Tests, interviews, and documentation were among the methods the researcher employed to gather data. Tables and graphs were used to display the descriptive analysis of the data. The study's findings demonstrated that, under the initial conditions prior to the cycle, the percentage of student learning outcomes was still 46.33 with a very low category. However, when cycle I was implemented using the jigsaw learning strategy, the percentage of student learning outcomes was 53% with a low category. In contrast, it achieved a high category of 86% in cycle II. From the starting circumstances to cycle I to cycle II, the outcomes of learning Indonesian with the jigsaw learning approach improved by 66%. The learning results of Indonesian fourth-grade students at MIN 3 Banjarmasin City can thus be enhanced by the application of the jigsaw learning technique. Keywords: Indonesian Language, Jigsaw Learning, Learning Outcomes. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode Jigsaw dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas IV Min 3 di Kota Banjarmasin tahun ajaran 2023–2024. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan ex post facto, dengan memberikan informasi dan fakta yang telah diketahui pada saat penelitian dilakukan. Penelitian ini juga dapat dikategorikan sebagai penelitian survei karena teknik penelitian yang digunakan adalah tes. Namun, penelitian ini menggunakan pendekatan PTK. Siswa kelas IV Min 3 Kota Banjarmasin berpartisipasi dalam penelitian ini. Sebanyak 15 siswa terlibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data deskriptif disajikan dengan menggunakan grafik dan tabel. Berdasarkan hasil penelitian, keadaan awal sebelum siklus memiliki proporsi hasil belajar siswa yang relatif rendah yaitu 46,33. Siklus pertama dengan menggunakan teknik pembelajaran jigsaw menghasilkan 53% hasil belajar siswa dengan kategori rendah. Di sisi lain, pencapaian puncaknya terjadi pada siklus kedua dengan 86%. Teknik pembelajaran Jigsaw menghasilkan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 66% antara siklus pertama dan kedua. Siswa Kelas IV Bahasa Indonesia di Min 3 Kota Banjarmasin dapat memperoleh manfaat dari penggunaan metode pembelajaran jigsaw. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Hasil belajar, Strategi Pembelajaran Jigsaw.

References


Ali, Muhammad. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (September 27, 2020): 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.

Djumingin, Sulastriningsih, Muhammad Saleh, and Vivi Rosida. Strategi Dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Dan Sastra. gowa: cahaya bintang cemerlang, 2022.

Hastuti, Winarni Budi. “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Teknik Jigsaw.” Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia 9, no. 2 (December 30, 2021): 7. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11656.

I Putu Toya Darmita. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester I SD Negeri 3 Sawan.” Indesia Journal of Education Development 3, no. 1 (May 31, 2022): 89. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6570025.

Intan, Intan. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.” Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, August 16, 2024, 209–20. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.964.

Khair, Ummul. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) di SD Dan MI.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (July 13, 2018): 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261.

Krissandi, Apri Damai Sigita, B Widharyanto, and Rishe Purnama Dewi. Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD (Pendekatan Dan Teknis). jakarta: Media maxima, 2017.

Lubis, Nur Ainun, and Hasrul Harahap. “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,” n.d.

Nurasiah, Nurasiah. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Siswa Kelas VI di SDN Jayabakti 01.” Jurnal Pedagogiana 8, no. 84 (January 14, 2021). https://doi.org/10.47601/AJP.34.

Putri Ningrat, Sayu, I Made Tegeh, and Made Sumantri. “Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2, no. 3 (November 28, 2018): 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.

Satriya Nugroho, R. Adi. “Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca dengan Materi Pokok Membaca Teks Cerita Pendek Melalui Penerapan Metode Resitasi.” Journal of Education Action Research 2, no. 4 (December 19, 2018): 421. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16347.

simamora, aprido, and muktar panjaitan. Model Pembelajaran Kooperatif. tasikmalaya: perkumpulan rumah cemerlang, 2024.

Simaremare, Juni Agus, and Emelda Thesalonika. “Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Tunas Bangsa 8, no. 2 (August 31, 2021): 113–33. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1642.

Suprihatin, Siti. “Penggaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 5, no. 1 (June 1, 2017). https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.849.




DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v8i1.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:

                       

E-ISSN: 2621-0126

P-ISSN: 2654-4830

Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru

Contact us:

DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id

This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International