PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV MIN 3 KOTA BANJARMASIN
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali, Muhammad. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (September 27, 2020): 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.
Djumingin, Sulastriningsih, Muhammad Saleh, and Vivi Rosida. Strategi Dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Dan Sastra. gowa: cahaya bintang cemerlang, 2022.
Hastuti, Winarni Budi. “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Teknik Jigsaw.” Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia 9, no. 2 (December 30, 2021): 7. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11656.
I Putu Toya Darmita. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester I SD Negeri 3 Sawan.” Indesia Journal of Education Development 3, no. 1 (May 31, 2022): 89. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6570025.
Intan, Intan. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.” Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, August 16, 2024, 209–20. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.964.
Khair, Ummul. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) di SD Dan MI.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (July 13, 2018): 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261.
Krissandi, Apri Damai Sigita, B Widharyanto, and Rishe Purnama Dewi. Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD (Pendekatan Dan Teknis). jakarta: Media maxima, 2017.
Lubis, Nur Ainun, and Hasrul Harahap. “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,” n.d.
Nurasiah, Nurasiah. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Siswa Kelas VI di SDN Jayabakti 01.” Jurnal Pedagogiana 8, no. 84 (January 14, 2021). https://doi.org/10.47601/AJP.34.
Putri Ningrat, Sayu, I Made Tegeh, and Made Sumantri. “Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2, no. 3 (November 28, 2018): 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.
Satriya Nugroho, R. Adi. “Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca dengan Materi Pokok Membaca Teks Cerita Pendek Melalui Penerapan Metode Resitasi.” Journal of Education Action Research 2, no. 4 (December 19, 2018): 421. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16347.
simamora, aprido, and muktar panjaitan. Model Pembelajaran Kooperatif. tasikmalaya: perkumpulan rumah cemerlang, 2024.
Simaremare, Juni Agus, and Emelda Thesalonika. “Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Tunas Bangsa 8, no. 2 (August 31, 2021): 113–33. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1642.
Suprihatin, Siti. “Penggaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 5, no. 1 (June 1, 2017). https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.849.
DOI: https://doi.org/10.47732/darris.v8i1.687
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Darris: Jurnal Pendidikan Madrasaha Ibtidaiyah are indexed by:
E-ISSN: 2621-0126
P-ISSN: 2654-4830
Published by Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al Falah Banjarbaru
Contact us:
DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Address: Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin - Banjarbaru
Postal Code: 70723
Province: South Kalimantan
Telephone : (+62)511-4705260
Email: darris@staialfalahbjb.ac.id
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International